Monday, October 7, 2019

Hati-Hati Shopee Gadungan Menipu Anda. Begini Cara Membongkarya..



Hari ini, ada kebetulan yang begitu manis buat penulis.

Ketika sedang mencari tema tulisan untuk sebuah media, sekitar pukul 12.23 WIB menurut handphone Mang Ape, ada pesan pendek masuk. Dari nomor yang tidak dikenal, 085340811941.

Pesan itu penasaran dibaca. Wow, ternyata pesan itu pemberitahuan dari yang menamakan Gebyar Shopee. Isinya begitu menggembirakan. Betapa tidak, karena dalam pesan itu ada info bahwa nomor penerima sms menjadi pemenang Gebyar Shopee.

Slamat anda beruntung mendapatkan Hadiah uang tunai Rp.175 jt. Dari PT SHOPEE,” demikian pesan dari nomor yang tidak tercatat di nomor kontak tersebut. Untuk menguatkan info itu, ada juga ID/PIN b8337h9, serta website tertentu yang sudah disingkat.

Menerima pesan pendek seperti itu, penulis tentu saja tidak percaya. Bukan karena tidak tergiur dengan hadianya yang cukup besar dan cukup untuk membeli mobil baru, tapi karena penulis yakin itu penipuan dengan modus undian.

Ada beberapa alasan mengapa penulis yakin itu penipuan. Selain karena berdasar penelusuran, Shopee tidak sedang mengadakan undian, juga karena Shopee tidak akan melakukan tindakan bodoh menghubungi pemenang dengan hanya berkirim pesan pendek saja. Masa perusahaan sebesar Shopee tidak punya modal untuk menelpon seseorang?

Baca Juga : Penipuan Paseo

Alasan lainnya,  karena penulis belum pernah membeli sesuatu dari Shopee. Jadi, mana mungkin penulis mendapat hadiah sedang berhubungan dengan Shopee pun tidak? Hehe.

Untuk meyakinkan bahwa yang mengirimkan pesan pendek kepada penulis dari Shopee gadungan, penasaran penulis mengakses website yang tertulis dalam sms, bit.ly/thr-shopee847. Penulis yakin, website yang diarahkan untuk diakses adalah blogspot, bukan dengan domain berbayar. Biasanya, yang namanya penipu, pasti menggunakan website gratisan.

Ternyata benar. Setelah diakses, itu blogspot. Ketika dibuka, di dalamnya memang ada berbagai informasi soal undian tersebut. Ada foto pejabat Polri juga, selain nama bank berikut rekeningnya. Tapi, penulis yakin, itu abal-abal, penipuan. Shopee beneran, penulis tahu memiliki website khusus dengan domain berbayar, tidak gratisan.

Artinya? Ya, artinya, kita di bulan Ramadhan ini betul-betul harus mewaspadai penipuan yang dilakukan oleh berbagai fihak, termasuk dari Shopee gadungan.

Kita jangan mudah percaya. Kalau kita tidak pernah berhubungan dengan perusahaan yang mengadakan undian, ya jelas itu penipuan.

Kalau kita masih ragu, lihat juga websitenya. Jika ada embel-embel blogspot, itu jelas penipuan. Perushaan besar kini, pasti sudah punya website resmi dengan domain tidak gratisan.

Oh ya, kepada para penipu, hadiah bodong Rp 175 juta, silakan ambil saja ya….Tapi m
udah-mudahan, nomor Anda berhasil dilacak aparat dan Anda tertangkap!


Tapi, betapapun, sms Anda di hari ini bermanfaat sekali. Mang Ape jadi punya ide untuk menulis soal penipuan berkedok undian!

No comments:

Arsip

  • ()
  • ()
Show more