
Berikut
ini pendapatan iklan sejumlah stasiun TV Nasional yang berhasil dikumpulkan MA.

Pendapatan
Indosiar naik 43,73% dari tahun 2015 yang pendapatanya mencapai Rp7,65 triliun.
Sementara pendapatan ANTV , naik 49,73% dari tahun 2015 yang pendapatanya mencapai
Rp7,34 triliun.
Diperingkat
kelima MNC TV mendapatkan pendapatan sebesar Rp10,79 triliun naik 24,25% dari
tahun 2015 yang pendapatanya mencapai Rp8,68 triliun. Seperti biasa TVRI menempati peringkat paling
akhir dengan raihan Rp93 miliar atau rata-rata sebulan hanya meraih Rp7,7
miliar.
Dilihat
dari grup media MNC Group (RCTI, Global TV, dan MNC TV) masih berada di
peringkat pertama dengan market share sebesar 33,97%. Saingan terdekat adalah
SCM (Surya Citra Media terdiri dari SCTV dan Indosiar) dengan market share
sebesar 24,84%. Grup Viva (ANTV dan TV One) dan Trans Corp (Trans TV dan Trans
7) masing-masing mencapai 17,10% dan 16,88%.
Dari
data ini nampak perolehan MNC Group diatas SCM dengan selisih 9,13%. Namun bila
ditelisik rata-rata kontribusi masing masing TV, MNC group hanya memiliki
11,32% sementara rata-rata kontribusi SCM menembus 12,42%.
Sementara
Televisi yang pendapatan iklannya paling buncit di tahun 2016 adalah stasiun TV
melik pemerinta, TVRI. (lihat juga: Belanja Iklan TV Tahun 2016)***
0 Comments