Stasiun TV dengan Pendapatan Iklan Terbesar


 Jakarta. Dari 13 stasiun TV nasional yang ada di Indonesia, RCTI ternyata merupakan stasiun yang paling banyak mendapatkan keuntungan dari belanja iklan. Pada tahun 2016, RCTI mengumpulkan total keuntungan hingga Rp14,86 triliun naik 33,44% dari tahun 2015 yang mencapai Rp11,13 triliun.

Berikut ini pendapatan iklan sejumlah stasiun TV Nasional yang berhasil dikumpulkan MA.

SCTV berada di peringkat kedua dengan pendapatan mencapai Rp13,06 triliun naik 34,99% dari tahun 2015 yang pendapatanya mencapai Rp9,67 triliun. Sementara itu Indosiar dan ANTV mendapat pendapatan dari iklan yang hampir sama, masing-masing sebesar Rp11,01 triliun dan Rp11,00 triliun.


Pendapatan Indosiar naik 43,73% dari tahun 2015 yang pendapatanya mencapai Rp7,65 triliun. Sementara pendapatan ANTV , naik 49,73% dari tahun 2015 yang pendapatanya mencapai Rp7,34 triliun.

Diperingkat kelima MNC TV mendapatkan pendapatan sebesar Rp10,79 triliun naik 24,25% dari tahun 2015 yang pendapatanya mencapai Rp8,68 triliun.  Seperti biasa TVRI menempati peringkat paling akhir dengan raihan Rp93 miliar atau rata-rata sebulan hanya meraih Rp7,7 miliar.

Dilihat dari grup media MNC Group (RCTI, Global TV, dan MNC TV) masih berada di peringkat pertama dengan market share sebesar 33,97%. Saingan terdekat adalah SCM (Surya Citra Media terdiri dari SCTV dan Indosiar) dengan market share sebesar 24,84%. Grup Viva (ANTV dan TV One) dan Trans Corp (Trans TV dan Trans 7) masing-masing mencapai 17,10% dan 16,88%.
Dari data ini nampak perolehan MNC Group diatas SCM dengan selisih 9,13%. Namun bila ditelisik rata-rata kontribusi masing masing TV, MNC group hanya memiliki 11,32% sementara rata-rata kontribusi SCM menembus 12,42%.

Sementara Televisi yang pendapatan iklannya paling buncit di tahun 2016 adalah stasiun TV melik pemerinta, TVRI. (lihat juga: Belanja Iklan TV Tahun 2016)***


Post a Comment

0 Comments