Jakarta. Dari 13 stasiun TV nasional
yang ada di Indonesia, RCTI ternyata merupakan stasiun yang paling banyak
mendapatkan keuntungan dari belanja iklan. Pada tahun 2016, RCTI mengumpulkan
total keuntungan hingga Rp14,86 triliun naik 33,44% dari tahun 2015 yang mencapai
Rp11,13 triliun.
Berikut
ini pendapatan iklan sejumlah stasiun TV Nasional yang berhasil dikumpulkan MA.
SCTV
berada di peringkat kedua dengan pendapatan mencapai Rp13,06 triliun naik
34,99% dari tahun 2015 yang pendapatanya mencapai Rp9,67 triliun. Sementara itu
Indosiar dan ANTV mendapat pendapatan dari iklan yang hampir sama, masing-masing
sebesar Rp11,01 triliun dan Rp11,00 triliun.
Pendapatan
Indosiar naik 43,73% dari tahun 2015 yang pendapatanya mencapai Rp7,65 triliun.
Sementara pendapatan ANTV , naik 49,73% dari tahun 2015 yang pendapatanya mencapai
Rp7,34 triliun.
Diperingkat
kelima MNC TV mendapatkan pendapatan sebesar Rp10,79 triliun naik 24,25% dari
tahun 2015 yang pendapatanya mencapai Rp8,68 triliun. Seperti biasa TVRI menempati peringkat paling
akhir dengan raihan Rp93 miliar atau rata-rata sebulan hanya meraih Rp7,7
miliar.
Dilihat
dari grup media MNC Group (RCTI, Global TV, dan MNC TV) masih berada di
peringkat pertama dengan market share sebesar 33,97%. Saingan terdekat adalah
SCM (Surya Citra Media terdiri dari SCTV dan Indosiar) dengan market share
sebesar 24,84%. Grup Viva (ANTV dan TV One) dan Trans Corp (Trans TV dan Trans
7) masing-masing mencapai 17,10% dan 16,88%.
Dari
data ini nampak perolehan MNC Group diatas SCM dengan selisih 9,13%. Namun bila
ditelisik rata-rata kontribusi masing masing TV, MNC group hanya memiliki
11,32% sementara rata-rata kontribusi SCM menembus 12,42%.
Sementara
Televisi yang pendapatan iklannya paling buncit di tahun 2016 adalah stasiun TV
melik pemerinta, TVRI. (lihat juga: Belanja Iklan TV Tahun 2016)***
0 Comments