Friday, February 3, 2012

Berjenggot dan Islami



DUA kali saya bertemu dengan H. Oma Sasmita Sumardi, mantan Bupati Ciamis. Pertama, di ruang tunggu Wakil Bupati Drs. H. Iing Syam Arifin dan kedua, di Masjid Agung Cijulang, Ciamis selatan. Saya bertemu H. Oma ketika masih menjadi wartawan atau sebelum saya menjadi bagian penjualan di HU Pikiran Rakyat.
Selain bertemu langsung, beberapa kali saya juga melakukan pembicaraan via telefon. Ada beberapa hal yang dia sampaikan, dan kadang saya tanyakan dalam pembicaraan via telefon genggam tersebut.
Adakah yang menarik dari H Oma? Banyak.
Di antaranya, setelah lebih dari sepuluh tahun tak bertemu, H. Oma sekarang terlihat begitu agamis. Sosok agamis itu, bukan hanya terlihat dari penampilannya yang kini tenang dan berjenggot, tetapi juga dari ucapannya yang begitu santun, jauh berbeda dengan ketika dia masih menjadi Bupati Ciamis, tahun 1998-2003.
Dalam setiap ucapannya ketika berbicara, dia kini selalu menyelipkan semangat Islam, semangat dakwah. Dia begitu “ngolotok” soal ayat-ayat tertentu dalam Al Quran menyangkut kehidupan, menyangkut sikap hidup yang pantas dilakoni muslim. Saya terpaku dan terpesona dibuatnya, ketika dia berbicara.
“Saya sekarang berupaya menjadi muslim yang baik, Mang. Ilmu itu ingin saya sampaikan kepada siapa saja, termasuk para pegawai negeri sipil,” ujarnya.
Ucapannya itu dibuktikannya dengan aktifitasnya selama ini. Dia sekarang banyak mendatangi masjid untuk berdakwah. Kadang dia juga memberikan pencerahan di hadapan para pegawai negeri sipil di kawasan Priangan Timur.
Untuk mempertebal keyakinannya kepada Islam dan menguatkan kepercayaan kepada Nabi SAW, tiap tahun dia melakukan perjalanan hijrah berpuluh-puluhan kilometer bersama sejumlah orang. Selama perjalanan, mereka makan seadanya, dan tidur di masjid-masjid. “Beginilah hidup saya sekarang, Mang. Semua didekasikan untuk Islam,” ujarnya.***







1 comment:

pulsagram.com/?id=WJ6211 said...

sono ka pak haji oma sasmita, pak haji is the real political teacher in ciamis.

Arsip

  • ()
  • ()
Show more