Saturday, February 4, 2012

Inilah Kota Banjar yang Terkenal Itu (1)

Prolog

TAHUN 1999 hingga 2002 penulis pernah bertugas di Kab. Ciamis. Dalam kurun waktu itu, Banjar yang  masih menjadi wilayah Kab. Ciamis dan sering disebut Kota Administratif (Kotif), sering penulis kunjungi.  
Ada beberapa tempat yang sering dikunjungi.
Selain mengunjungi sejumlah tempat di Kewedanaan Banjar,  saat itu penulis beberapa kali datang ke RSUD Banjar  yang direkturnya  masih dr. Herman Sutrisno (Walikota Banjar sekarang). Selain itu, bertandang ke Kantor Projek Citanduy (Procit) yang sekarang berganti nama menjadi Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy.
Ihwal kenapa menemui dr. Herman, karena dr. Herman merupakan tokoh yang paling vocal dan berani “menentang” beberapa kebijakan Bupati Ciamis ketika itu, H. Oma Sasmita Sumardi. Dia selalu berani berbicara keras, walau seringkali ada beberapa hal yang jangan dimuat alias “off the record”.
Berbicara dengan Herman waktu itu, bagi penulis yang berminat kepada dunia politik dan pemerintahan, menyenangkan sekali.  Diakui, selalu ada wawasan baru dalam otak penulis, saat berbicara dengan Herman.  Pengalamannya sebagai mantan Ketua DPRD Ciamis, orang penting di Partai Golongan Karta dan Angkatan Muda Siliwangi (AMS) itulah yang membuat berbicara dengan dia cukup menyenangkan.
Sedangkan alasan penulis  sering bertandang ke Procit, karena  waktu itu ada persoalan besar yang menjadi perhatian nasional bahkan dunia, yakni sodetan Citanduy.  Sodetan melahirkan pro dan kontra di masyarakat.  Saat itulah, penulis kenal dan akrab dengan pihak di Procit yang berkompeten terhadap persoalan tersebut, yakni  Ir. Agus Rahardjo (bersambung)

No comments:

Arsip

  • ()
  • ()
Show more