Saturday, February 11, 2012

Inilah Banjar Patroman yang Terkenal Itu (7)

Prestasinya Juga Okay, Euy!
Sebuah berita di harian lokal Radar Tasikmalaya halaman Radar Banjar  suatu ketika membuat berita headline dengan judul berita cukup besar. “Kota Banjar Raih IGA dari  Kemendari”. Begitulah judul berita di maksud.
Apa itu IGA? IGA adalah kepanjangan dari Innovative Government Award yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan diberikan kepada daerah yang memiliki inovasi tata kelola pemerintahan yang dinilai baik. Untuk tahun  2011, Kota Banjar dinyatakan oleh tim verifikasi sebagai salahsatu daerah yang layak menerima award tersebut.
Ada empat  katagori yang menjadi penilaiaian.  Keempat katagori tersebut, adalah tata kelola pemerintahan daerah, pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing daerah.
Ihwal kenapa Banjar meraih penghargaan tersebut, karena pelayanan perizinan  semakin mudah. Hal itu seperti dijelaskan Walikota Banjar dr. H. Herman Sutrisno. “Sistem pelayanan perizinan yang mudah menjadi penyebab Banjar meraih IGA,” katanya,
Penyebab lainnya, Banjar selama ini telah menjadi kota yang menggunakan system pengadaan barang cukup baik, dengan menggunakan system lelang terbuka untuk pengadaan barang dan projek.  Sistem tersebut merupakan bukti adanya transparansi pemerintah terhadap masyarakat.
“Atas prestasi itu, ke depan Banjar akan semakin mengedepankan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” kata Herman.

No comments:

Arsip

  • ()
  • ()
Show more