Wednesday, February 8, 2012

Batu yang Mirip Gajah, Apakah Itu?

SITUS Batu Gajah adalah sebuah batu mirip gajah yang terdapat di Kampung Batu Gajah, Dusun Warung Buah Desa Neglasari Kec. Banjar. Situs ini sekarang tinggal seongok batu besar berlumut, dan sudah tidak bisa dikenali lagi sebagai sebuah batu menyerupai gajah. Padahal, pada awalnya, batu tersebut mirip gajah, sehingga kampung itu pun disebut Kampung Batu Gajah.
Kenapa di kampung itu ada batu berbentuk gajah, menurut cerita yang berkembang dari mulut ke mulut, berkaitan dengan perseteruan antara Kerajajaan Galuh dengan Majapahit. Diceritakan, suatu ketika Kerajaan Galuh akan diserang Majapahit. Karena di kampung itu tersimpan harta yang besar, maka Kerajaan Galuh menyimpan seekor gajah untuk menjaga harta tersebut.
Tidak ada petunjuk pasti, apakah cerita yang berkembang itu hanya sekedar dongeng atau benar-benar terjadi. Yang pasti, di kampung tersebut memang terdapat situs batu gajah. Patung gajah itu semula komplit dengan belalainya. Namun karena ada tangan jahil, belalai itu lenyap. Batu pun nyaris hancur.
Menurut tokoh masyarakat setempat, situs itu sempat dibuka untuk untuk umum. Namun karena banyak orang menyalahgunakan situs itu dan menganggap jelmaan dewa, situs itu sempat ditutup. Menurut keterangan, sebelum ditutup, warga Tionghoa sering datang ke kampung tersebut. Bukan hanya Tionghoa dari Banjar, tetapi dari sejumlah tempat lainnya.
Kini, untuk menegaskan bahwa di kampung itu ada cerita yang berkaitan dengan gajah, pemerintah setempat sengaja membangun miniature gajah di tikungan jalan di Kampng Batu Gajah Dusun Warung Buah Desa Neglasari tersebut. ***



No comments:

Arsip

  • ()
  • ()
Show more