Saturday, February 4, 2012

Langensari, Si Sunyi dan Sepi

“Harusnya, di sini sudah ada pabrik, Mang. Kalau sudah ada pabrik, Langensari tidak akan sepi seperti ini,” kata Jumanto, sais “keretek” suatu ketika kepada penulis yang sengaja menumpang kereteknya.
Tanpa pabrik, dia menambahkan, Langensari akan selalu sepi, baik siang maupun malam. Itu terjadi karena penduduk Langensari, terutama penduduk usia produktif, memilih meninggalkan Langensari. Mereka pergi ke kota besar yang lapangan kerjanya terbuka, seperti Bandung, Bekasi, Bogor, dan Jakarta.
“Langensari ramainya hanya oleh anak-anak sekolah saja, pada pagi dan siang hari. Lepas itu, sepi, apalagi pada sore dan malam hari,” tuturnya lagi.
Langensari merupakan salahsatu kecamatan di Kota Banjar. Wilayah ini berbatasan dengan Kecamatan Wanareja Provinsi Jawa Tengah yang dipisahkan oleh Sungai Citanduy. Di sebelah Timur dan Selatan berbatasan dengan Kec. Lakbok, Kab. Ciamis, sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Kec. Pataruman, Kota Banjar.
 Berdasarkan catatan, luas wilayah yang kini memiliki flyover tersebut kurang lebih 29,82 km2, dan dihuni oleh sekira 47.558 orang. Sementara kelurahan dan desanya adalah Bojongkantong, Kujangsari, Langensari, Muktisari, Rejasari dan Waringinsari.

Wilayah ini termasuk wilayah yang cukup terkenal di Kota Banjar. Bukan hanya setelah Banjar terpisah dari Ciamis, tetapi sejak jaman penjajahan Belanda. Penyebabnya, di wilayah ini ada stasiun kereta api, yakni Stasiun Langensari dan pernah ada lapangan terbang yakni Lapangan Udara Langensari.
Kini keberadaannya semakin terkenal lagi, terutama setelah berdiri flyover megah yang menghabiskan dana milyaran rupiah. Flyover dibangun, konon, untuk mengantisipasi pesatnya jumlah pengguna kendaraan bermotor yang melalui kawasan tersebut. Selain itu, untuk mengeliminir terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api.
Menurut Walikota Banjar H. Herman Sutrisno kepada penulis dalam sebuah kesempatan, Langensari dipersiapkan menjadi kota kedua di Kota Banjar, setelah wilayah kota ramai. Akan tetapi, hingga Banjar akan berusia sembilan tahun, belum ada bukti dari harapan tersebut. Langensari, masih menjadi kecamatan yang sepi.***




No comments:

Arsip

  • ()
  • ()
Show more