Tuesday, May 12, 2020

Tentang falakiyah dan zodiak ke 13 (4)


Dan ketika berbicara ZODIAK, maka tentunya kita semua sudah tidak asing dengan nama-nama ZODIAK yang berjumlah 12 buah, yaitu Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpius, Sagittarius, Capricornus, Aquarius, dan Pisces.

Namun tahukah Anda bahwa ada rasi bintang baru yang ditambahkan dalam daftar zodiak kita, yakni ZODIAK "OPHIUCHUS", sehingga merubah jumlah ZODIAK yang kita kenal selama ini, yakni dari sebelumnya hanya berjumlah 12 ZODIAK, namun kini bertambah menjadi 13 ZODIAK.

Penambahan jumlah ZODIAK ini disampaikan oleh seorang astronom, Profesor Parke Kunkle, dari Minneapolis melalui channel stasiun berita NBC, pada Februari 2006. Ia menyatakan bahwa sumbu bumi telah bergeser dalam 3.000 tahun terakhir, sehingga mengakibatkan munculnya BINTANG baru yang terlihat dari BUMI yang kini menjadi ZODIAK ke-13 dengan nama OPHIUCHUS (diambil dari Bahasa Yunani OPHIUCHUS, yang berarti "pembawa ular" dan disimbolkan dengan gambar seorang pria yang memegang ular yang diwakili oleh konstelasi Serpens).

Pertanyaannya, mengapa baru pada tahun 2006, tiba-tiba BINTANG OPHIUCHUS dimasukkan dalam sistem ZODIAK kita?Ceritanya bermula pada saat rasi bintang baru ditemukan oleh para astronom saat mendekati MATAHARI pada Februari 2006 yang silam.

Menurut BBC, berdasarkan pengamatan para astronom dunia, pada saat rasi bintang OPHIUCHUS mendekati MATAHARI, rasi bintang ink memunculkan supernova yang spektakuler. Jurnal ilmiah dunia, Nature, melaporkan bahwa BINTANG-BINTANG di rasi bintang ini sangatlah terang sebegitu terangnya hingga BINTANG OPHIUCHUS dapat dilihat dari BUMI tanpa peralatan teleskop sama sekali.

Adalah seorang astronom Denmark, Tycho Brahe, yang pada tahun 1572 Masehi untuk pertama kali melihat kemunculan Rasi Bintang itu.   Rasi Bintang yang baru menampakkan dirinya lagi ini sebelumnya tidak dikenali dan hanya disebut sebagai BINTANG baru tanpa nama. Namun kemudian, para astronomi modern membuktikan bahwa Rasi Bintang yang dilihat oleh Tycho Brahe sama dengan Rasi Bintang yang dilihat oleh para astronom pada Februari 2006 yang lalu, dan kemudian disampaikan kepada publik oleh Profesor Parke Kunkle melalui channel stasiun berita NBC.

OPHIUCHUS sebenarnya bukanlah sebuah ZODIAK yang baru, karena OPHIUCHUS ini sudah ada sejak Bangsa Babylonia memberi nama konstelasi bintang yang berjumlah 13 BINTANG. Tapi OPHIUCHUS kemudian dihapus karena Bangsa Babylonia ingin jumlah ZODIAK sama dengan jumlah bulan dalam satu tahun yakni 12 bulan.

Dan pada abad ke-2 Masehi, Ptolemeus sendiri rupanya telah memasukkan OPHIUCHUS sebagai bagian dari 48 Rasi Bintang yang ia usulkan dengan nama SERPENTARIUS.

Adalah hal yang cukup menggelitik bagi saya ketika mendengar alasan Bangsa Babylonia menghapus OPHIUCHUS dari daftar konstelasi 13 BINTANG hanya karena alasan agar jumlah ZODIAK menjadi sama dengan jumlah bulan dalam satu tahun yakni 12 Bulan.

Mengapa saya katakan bahwa saya tergelitik?

Karena tanpa disadari oleh para Mufassir Al-Qur'an, ternyata lebih dari 1.400 tahun yang lalu, rupanya Al-Qur'an telah membantah apa yang dilakukan oleh Bangsa Babilonia ini yang telah menyamakan jumlah ZODIAK dengan jumlah bulan dalam satu tahun menjadi sama-sama berjumlah 12.

Apa buktinya?

#Perhatikan,
Al-Qur'an menyebut "BULAN” sebagai satuan waktu dengan diksi kata "SYAHRU", dan bukan dengan diksi kata "al-QAMAR" yang merujuk kepada obyek langit yang mengelilingi BUMI. Dan kata "SYAHRU" ini ternyata disebut di dalam Al-Qur'an sebanyak 12 kali, seakan Al-Qur'an hendak memberi isyarat bahwa BULAN sebagai satuan waktu itu berjumlah 12 bulan dalam setahun.

Dan bahkan Al-Qur'an sampai menegaskannya dalam sebuah ayat berikut ini,

 إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

"Sesungguhnya Jumlah BULAN menurut Allah adalah DUA BELAS BULAN, (sebagaimana) ditetapkan Allah pada waktu Dia menciptakan LANGIT dan BUMI, dan empat di antaranya adalah bulan haram...."
( QS. At-Taubah 9:36 )

Namun ketika menyebutkan objek langit yang bernama BINTANG, justru Al-Qur'an menggunakan diksi kata an-NAJM. Dan kata an-NAJM baik dalam bentuk tunggal ataupun plural (jamak), ternyata disebut di dalam Al-Qur'an sebanyak 13 kali, dan bukan 12 kali, seakan-akan Al-Qur'an hendak menyampaikan isyarat bahwa Jumlah BINTANG atau Jumlah ZODIAK itu bukan 12 buah melainkan berjumlah 13 buah.

Berikut ke-13 ayat yang menyebutkan kata an-NAJM dalam bentuk tunggal ataupun plural (jamak):

1. QS. An-Nahl ayat 16 (an-NAJM).
2. QS. Ath-Thariq ayat 3 (an-NAJM).
3. QS. An-Najm ayat 1 (an-NAJM).
4. QS. Al-An'am ayat 97 (an-NUJUM).
5. QS. Al-A'raf ayat 54 (an-NUJUM).
6. QS. An-Nahl ayat 12 (an-NUJUM).
7. QS. Al-Hajj ayat 22 (an-NUJUM).
8. QS. At-Thuur ayat 49 (an-NUJUM).
9. QS. Ar-Rahman ayat 6 (an-NUJUM).
10. QS. Al-Waqi'ah ayat 75 (an-NUJUM).
11. QS. Al-Mursalat ayat 8 (an-NUJUM).
12. QS. At-Takwir ayat 2 (an-NUJUM).
13. QS. ash-Shaffat ayat 88 (an-NUJUM).

Dan berikut nama-nama dari ke-13 NAJM (BINTANG atau ZODIAK) oleh Dr. Abdul Rahman Hj. Abdullah dalam bukunya "Biografi Agung Sheikh Arshad Al-Banjari" halaman 828:

1. An-Najm Hamal (Latin: Aries).
2. An-Najm Tsaur (Latin: Taurus).
3. An-Najm Jauza (Latin: Gemini).
4. An-Najm Sarathan (Latin: Cancer).
5. An-Najm Asad (Latin: Leo).
6. An-Najm Sunbullah (Latin: Virgo).
7. An-Najm Mizan (Latin: Libra).
8. An-Najm 'Aqrab (Latin: Scorpius).
9. An-Najm Ras al-Hawwa (Latin: Ophiuchus).
10. An-Najm Qawus (Latin: Sagitarius).
11. An-Najm Jadyun (Latin: Capricornus).
12. An-Najm Dalyun (Latin: Aquarius).
13. An-Najm Hut (Latin: Pisces).

Dan dalam Kitab Veda, ke-13 NAJM (BINTANG atau ZODIAK)  ini sebagaimana disampaikan oleh Mahendra Suri dalam Astrolabe (1370 Masehi), disebut dengan nama sebagai berikut:

1. Zodiak Mesa (Latin: Aries).
2. Zodiak Vrsabha (Latin: Taurus).
3. Zodiak Mithuna (Latin: Gemini).
4. Zodiak Karkata (Latin: Cancer).
5. Zodiak Simha (Latin: Leo).
6. Zodiak Kanya (Latin: Virgo).
7. Zodiak Tula (Latin: Libra).
8. Zodiak Vrschika (Latin: Scorpius).
9. Zodiak Dhanuskoti (Latin: Ophiuchus).
10. Zodiak Danur (Latin: Sagitarius).
11. Zodiak Makara (Latin: Capricornus).
12. Zodiak Kumhha (Latin: Aquarius).
13. Zodiak Mina (Latin: Pisces).

Dan berikut periode rentang waktu dari ke-13 NAJM (BINTANG atau ZODIAK):

1. Zodiak Aries: 19 April sd 13 Mei.
2. Zodiak Taurus: 14 Mei sd 19 Juni.
3. Zodiak Gemini: 20 Juni sd 20 Juli.
4. Zodiak Cancer: 21 Juli sd 9 Agustus.
5. Zodiak Leo: 10 Agustus sd 15 September.
6. Zodiak Virgo: 16 September sd 30 Oktober.
7. Zodiak Libra: 31 Oktober sd 22 November.
8. Zodiak Scorpius: 23 November sd 29 November.
9. Zodiak Ophiuchus: 30 November sd 17 Desember.
10. Zodiak Sagitarius: 18 Desember sd 18 Januari.
11. Zodiak Capricornus: 19 Januari sd 15 Februari.
12. Zodiak Aquarius: 16 Februari sd 11 Maret.
13. Zodiak Pisces: 12 Maret sd 18 April.

Nah, pertanyaannya apakah ZODIAK-mu berubah?


Silahkan cek saja tanggal lahir Anda dengan periode rentang waktu dari 13 ZODIAK di atas. (bersambung)

No comments:

Arsip

  • ()
  • ()
Show more