Sunday, February 26, 2017

LPP TVRI dan RRI Digabungkan, Masih dalam Proses



Cirebon. Rencana pemerintah menggabungkan lembaga penyiaran milik pemerintah berlabel LPP (Lembaga Penyiaran Publik) TVRI dan LPP RRI, sepertinya masih belum diketahui akan terlaksana. Kendati DPR sudah lama membahasnya, bahkan melakukan komunikasi intensif dengan LPP TVRI dan RRI di berbagai daerah,  kepastian kapan terlaksana, terkesan masih gelap.
Hal itu setidaknya tertangkap saar Komisi I DPRD RI melakukan kunjungan ke Kantor RRI di Kota Cirebon, baru-baru ini yang juga dihadiri Kepala LPP RRI Bandung serta Kepala LPP TVRI Jawa Barat . “Saat ini penggabungannya masih dalam proses,” kata pimpinan rombongan Komisi I DPR Ri Dave Akbarsyah Fikarno.
Sampai kapan proses itu akan berlangsung, Dave tidak memberikanya sinyal.  Namun ia menegaskan bahwa penggabungan LPP TVRI dan RRI itu penting sekali dan sudah selayaknya dilakukan pemerintah. “Jika keduanya bergabung, akan menjadi garda terdepan dalam dunia penyiaran. Keduanya, misalnya bisa menangkal berita hoax,” tegasnya.  Manfaat lain dari penggabungan tersebut, imbuhnya, bisa meminimalisir anggaran, mengoptimalkan SDM dan fasilitas yang ada, serta menciptakan program berkualitas, sehingga bisa bersaing dengan media televisi swasta.
Di pihak lain, pimpinan LPP TVRI Jawa Barat dan LPP RRI,  saat menggelar rapat bersama dengan rombongan Komisi I DPR RI menyebutkan bahwa sebenarnya mereka menunggu kapan rencana itu terlaksana. Mereka juga sadar bahwa penggabungan tersebut bisa  memajukan dunia broadcasting dan menguatkan posisi LPP milik pemerintah .
“Dengan penggabungan tersebut akan terjadi penguatan jaringan. Ini akan memudahkan LPP TVRI dan LPP RRI menyiarkan berita atau menyajikan informasi kepada publik secara luas,”  demikian antara lain pendapat seorang pimpinan LLP yang hadir dalam bertemuan tersebut.***


No comments:

Arsip

  • ()
  • ()
Show more